Surabaya Contoh Bagus Kota Yang Manfaatkan IT Bagi Efisiensi Pekerjaan

EmitenNews.com – Surabaya, Jawa Timur, salah satu contoh bagus bagi kota yang memanfaatkan teknologi informasi bagi efisiensi beragam pekerjaan. Selain kamera pengintai keamanan, wilayah Wali Kota Tri Rismaharini itu, juga memakai IT untuk pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pelayanan kesehatan, hingga jaringan pemasaran produk lokal, dan lainnya.

Saat menjadi pembicara Seminar Revolusi Industri 4.0 yang digelar Komunitas Alumni Perguruan Tinggi Jawa Timur, di Surabaya, Sabtu (23/3/2019), perempuan yang karib disapa Risma itu, mengatakan, semuanya dibuat oleh PNS Pemkot Surabaya, tanpa membeli peralatan mahal dari luar negeri. Ia mengklaim itu bukti, Surabaya tidak tertinggal oleh kota-kota maju di dunia.

Risma bahkan memastikan, Surabaya lebih maju dari sebuah kota di Eropa yang selama ini mengklaim daerahnya sangat canggih dalam pelayanan kepada masyarakat. Buktinya kata dia, mereka baru saja menerapkan e-Health, tapi Surabaya sudah 4 tahun lalu memanfaatkannya.

Salah satu pemanfaatan IT di kotanya, Risma menyebutkan Surabaya dipenuhi 2 ribuan kamera pengintai, yang siap merekam orang-orang yang dianggap mencurigakan. Ribuan kamera itu terhubung dengan layar monitor di ruang pantau, sehingga dengan cepat bisa diketahui kalau ada hal mencurigakan. “Jadi hati-hati, orang mencurigakan bisa terpantau dari kamera tersebut.”

Comments are closed here.