Sejarah Asosiasi Emiten Indonesia

Pada akhir era 80-an, ketika Pasar ModalKinerja Emiten Tidak Terpengaruh Pemilu. Read more ... » Indonesia mulai berkembang, otoritas serta praktisi pasar modal terus mengupayakan peningkatan kegiatan pasar modal. Bapepam yang saat itu berfungsi sebagai otoritas sekaligus pelaksana bursa efekPilpres 2014: Ekspektasi Pelaku Pasar. Read more ... », merupakan motor penggerak utama kehidupan pasar modal di Indonesia. Lembaga yang mengemban misi besar dalam mengembangkan pasar modal Indonesia ini dituntut membawa akselarasi pertumbuhan pasar modal.

Hal tersebut tentunya juga harus diimbangi oleh perusahaanAfiliasi. Read more ... » publik (emitenBiro Administrasi Efek. Read more ... »), sebagai salah satu komponen penting yang menggerakkan pasar modal. Sejalan dengan itu, maka Emiten harus terus dibina untuk menumbuhkan iklim pasar yang kondusif dan profesional sehingga memberikan motivasi perusahaan swasta lain untuk masuk pasar modal.

Atas dasar pemikiran tersebut kemudian muncul keinginan sejumlah Emiten untuk mendirikan wadah organisasi bagi perusahaan Go Public. Gagasan pembentukan organisasi ini awalnya didorong oleh Ketua Bapepam yang saat itu dijabat oleh Bapak Marzuki Usman. Alasan pembentukan organisasi itu juga didorong oleh kenyataan bahwa Pasar Modal masih merupakan bidang baru, sehingga diperkirakan akan banyak masalah yang perlu dihadapi secara bersama-sama.

Maka pada tanggal 13 Desember 1988, Bapak Marzuki Usman memanggil enam perusahaan mewakili semua Emiten yang tercatat saat itu berjumlah 24 perusahaan. Mereka adalah: Bapak Ahmad Slamet (PT Semen Cibinong Tbk), Bapak Harsono E Soleh (PT Delta Jakarta Tbk), Ny. J. Muaya Siambaton (PT BBD-IBJ Leasing), dan Bapak JW Sudomo (PT Squibb Indonesia Tbk)
Dalam pertemuan di Gedung Bapepam, Jalan Merdeka Selatan Jakarta, mereka sepakat untuk membentuk organisasi bernama Asosiasi EmitenPilpres 2014: Ekspektasi Pelaku Pasar. Read more ... » Indonesia (AEIWish You a Happy Holiday and Prosperous New Year 2016. Read more ... »). Dengan Ketua Umum S. Supoyo (BPD Jawa Timur), Sekretaris Umum Kusyadi Kuyono (PT Sepatu Bata Tbk), Bendahara Umum R. Andi Suprianto (PT Squibb Indonesia Tbk).

Jumlah Anggota Asosiasi Emiten IndonesiaEfek. Read more ... » (AEI) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan mengikuti kenaikan jumlah perusahaan Go Public yang tertacat di Bursa EfekEfek. Read more ... », baik untuk sahamEfek. Read more ... » maupun ObligasiEfek. Read more ... ».

Kesadaran anggota Asosiasi Emiten Indonesia cukup meningkat tajam. Hal ini dapat dilihat baik pada keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Pengurus AEI maupun pada kesediaan Anggota melaksanakan kewajibannya serta respon Anggota terhadap masalah-masalah yang menyangkut Pasar Modal.

Incoming search terms:

  • 24 emoten pada 1988
  • pasar modal tahun 80an

BACA JUGA ARTIKEL INIclose