Respon Wapres atas Keluhan Mahalnya Biaya Transportasi Kontainer di Batam

Kontainer-di-Pelabuhan-Batuampar-Batam

EmitenNews – Wakil Presiden Jusuf Kalla merespon keluhan pengusaha atas mahalnya biaya transportasi kontainer Singapura-Batam. Pengiriman kontainer 20 feet Batam-Singapura, USD470, perjalanan 3 jam. Jakarta-Singapura, perjalanan 3 hari hanya USD250. Batam lebih mahal ongkos kontainer, 88 persen. Wapres minta masalah itu selesai dalam sebulan.

Wapres Jusuf Kalla menerima keluhan di sela kunjungannya menghadiri peresmian pengiriman perdana produk fast router, wireless wave 2 produksi perusahaan dalam negeri PT Sat Nusapersada ke Amerika Serikat, di Batam, Sabtu (2/2/2019). Direktur Utama PT Sat Nusapersada, Abidin melontarkan keluhan tersebut kepada JK, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Situasi yang dikeluhkan Abidin tersebut jelas menghambat dunia usaha di Batam, dan ujung-ujungnya mengganggu investasi. Pengusaha itu sampai agak sulit meyakinkan dan mendatangkan investor. Termasuk perusahaan yang telah bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada, Pegatron Corporation perusahaan perakit Apple.

Pihak Pegatron memasalahkan mahalnya biaya transportasi kontainer itu. Mereka meminta ada penurunan tarif, agar lebih menarik bagi iklim investasi, termasuk bagi perusahaan perakit Apple itu. Abidin lalu terpikir melapor ke Wapres, yang dinilai bisa menyelesaikannya.

Comments are closed here.