Asosiasi Emiten Indonesia: Optimisme di Tahun Politik

Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) meyakini tahun politik 2019 mendatang tidak akan banyak berpengaruh terhadap perusahaan-perusahaan terbuka (emiten). Pelaku usaha tetap optimistis akan ada pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Direktur Eksekutif AEI, Samsul Hidayat, mengatakan rata-rata emiten di Indonesia tidak terlalu takut dengan ketidakpastian di tahun politik tahun depan, dengan berkaca pada tahun 2014 lalu saaat pemilihan umum (pemilu) digelar, tidak ada suatu kejadian yang luar biasa. Hal ini diyakini juga akan kembali terjadi pada tahun 2019 mendatang.

Samsul menambahkan tahun-tahun ekstrem dianggap sudah dilalui oleh para pelaku usaha yaitu pada tahun 2004 dan 1998 di mana terjadi krisis yang membuat harga saham gabungan jatuh di titik terdalam. Dia melihat fundamental ekonomi Indonesia saat ini jauh lebih kuat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal inilah yang membuat AEI yakin bahwa tahun politik 2019 mendatang tidak terlalu menakutkan bagi kebanyakan emiten.

“Intinya tahun 2019 di mana orang takut akan politik, kita belajar dari kejadian tahun-tahun sebelumnya, minat investor tetap tinggi, secara keseluruhan ekspektasi masyarakat bahwa perusahaan di Indonesia tetap beroperasi dengan baik,” kata Samsul dalam sambutannya pada Anugerah Perusahaan TBK Indonesia ( APTI ) V 2018 di IPMI Bussiness School, Jakarta, Rabu (19/9).

Meski begitu diakuinya bahwa perusahaan terbuka masih tetap menghadapi beberapa tantangan seperti defisit transaksi berjalan yang dialami oleh Indonesia. Hal ini tentunya akan berpengaruh bagi stabilitas perekonomian nasional. Namun karena pertumbuhan ekonomi cenderung tumbuh dan inflasi terkontrol di bawah target maksimal membuat AEI yakin fundamental Indonesia akan membaik.
“Seluruh tantangan, kami kira sudah pernah terjadi, kita alami hal itu 2004, 2009 dan 2014 (pemilu), di sana tidak ada hal yang sangat ekstrem terjadi. Kita harap tidak ada persepsi jelek dari investor lokal ataupun asing,” ulasnya

Comments are closed here.