Ini Janji Bea Cukai Mudahkan Impor Barang melalui e-commerce

Bea-Cukai-petugas-cantik

EmitenNews – Ini janji Direktorat Jenderal Bea Cukai bagi kemudahan impor barang yang dibeli melalui e-commerce. Tetapi, ada syaratnya. Platform e-commerce harus membagi data e-commerce kepada Bea Cukai. Pihak BC mengklaim Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 210 Tahun 2018 bisa mendorong penyedia jasa aplikasi e-commerce membagikan data transaksinya.

Kepada wartawan, di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (19/2/2019), Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan, pihaknya segera bekerja sama dengan platform e-commerce, sharing data pembelian barang dari luar negeri.

“Sekaligus kami minta platform mewakili bea cukai menghitung dan mengcollect bea masuk dan pajak impornya. Kami berikan kemudahan saat clearence-nya, karena kami sudah tidak lagi mengverifikasi harga saat barang itu melewati bandara,” katanya.

Selama ini Ditjen Bea Cukai tidak pernah mendapatkan informasi terkait data pembelian barang dari luar negeri melalui e-commerce. Karena itu, Bea Cukai memperlakukan barang impor e-commerce seperti barang umum lainnya. “Kami harus cek barangnya kalau perlu di cek, dokumennya kami cek lagi, apakah benar atau enggak,” kata dia.

Comments are closed here.