Biaya Pencatatan Tahunan: BEI Berencana Beri Diskon

bursa-efek-indonesia-_120704134029-860Bursa Efek Indonesia berencana memberi potongan harga bagi emiten yang terkenai penaikan biaya pentatatan tahunan di atas 100%

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio mengatakan pemberian potongan itu akan dirangkum dalam satu ketentuan. Ketentuan tersebut diperkitakan terbit pada 2016. Potongan harga yang diberika kepada emiten yang terbebani penaikan biaya pencatatan tahunan di atas 100% berdasarkan ketentuan baru dibandingan dengan ketentuan lama.

Lewat ketentuan potongan harga, otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak akan mengubah aturan biaya pencatatan tahunan yang dirilis Januari 2014 tersebut.

“Dari aturan baru, ada yang naik, ada yang turun. Ternyata, ada yang penaikannya di atas 100%, bisa dapat diskon. Angkanya masih kami bicarakan. Namun, kami tidak akan mengubah aturan,” tutur Tito, Senin (2/11).

Aturan biaya pencatatan tahuan (annual listing fee) yang terbit pada Januari 2014 menghitung biaya pencatatan tahunan berdasarkan kapitalisasi pasar.

Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia, Isakayoga menuturkan, asosiasi belum bisa menyatakan setuju atau menolak rencana pemberian diskon terhadap emiten yang terkena penaikan annual listing fee di atas 100% karena asosiasi belum tahu rinciannya. Yang pasti, Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) sudah mendapat informasi tersebut lewat pertemuan antara AEI dan BEI kami (29/10).

“Kami masih menunggu. Karena ini sifatnya diskon, AEI menduga ini temporer atau sementara saja,” ujar Isakayoga.

Menurutnya, anggota AEI sejauh ini masih ingin ketentuan biaya pencatatan tahuna dikembalikan ke aturan lama, yakni berdasarkan besaran modal disetor yang ongkosnya, tidak sebesar ketentuan pada 2014 yang berdasarkan kapitalisasi pasar.

Download kliping disini: kliping – bei berikan diskon ALF

Sumber: Bisnis Indonesia, 3 November 2015