BEI Minta Asosiasi Dana Pensiun Indonesia Naikkan Dana Kelolaan Ke Pasar Modal Hingga 30 Persen

hasan-fauzi-kpei2

EmitenNews – Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta yayasan dana pensiun untuk menaikkan dana kelolaan yang masuk ke pasar modal hingga 30% dari total dana kelolaan saat ini yang mencapai Rp 250 triliun.

Untuk itu BEI akan mengadakan kerja sama antara Anggota Bursa (AB) melalui bursa dengan Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) untuk mencapai target tersebut.

“Nantinya, bursa akan membuat nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan dana pensiun untuk memulai kerja sama tersebut,” kata Direktur Pengembagan BEI Hasan Fawzi usai seminar “Sinergi ADPI dan BEI ” di gedung BEI Jakarta Kamis (1/11).

Hasan menjelaskan, selama ini kerja sama yang dilakukan antara bursa dan dana pensiun langsung dilakukan dengan institusinya, namun karena terbatasnya pengetahuan dan tingkat kepercayaan dana pensiun di instrumen saham tak banyak institusi yang terjun langsung memanfaatkan saham sebagai instrumen investasinya.

Menurut dia, potensi dana kelolaan (asset under management/AUM) dana pensiun untuk masuk ke pasar saham sangat tinggi, apalagi jika institusi ini dibebabnkan dengan target return minimal 10% per tahun. Investasi saham dinilai bisa mendongkrak return yang diberikan dari instrumen investasi lainnya karena secara jangka panjang pasar saham selalu memberikan return yang tinggi.

Comments are closed here.