Bank Indonesia Catat Capital Inflow Rp 49,6 Triliun

dolar-as-capital-inflow

EmitenNews – Bank Indonesia mencatat arus masuk modal asing (capital inflow) ke Indonesia hingga 7 Febuari 2019 mencapai Rp 49,6 triliun.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, aliran dana tersebut masuk melalui berbagai instrumen diantaranya portofolio Surat Berharga Negara (SBN), pasar saham dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

“aliran modal yang terus masuk tersebut sekaligus menjadi indikasi nilai tukar rupiah yang cenderung membaik, bahkan menguat, sehingga menarik investor untuk menanamkan modalnya di pasar keuangan indonesia. Aliran modal asing masuk year to date januari sampai dengan minggu pertama 7 Febuari, total portofolio inflow itu adalah Rp 49,6 triliun,” ucap perry warjiyo, di kompleks masjid bi, jakarta, jumat (8/2).

Dari total aliran modal asing sebesar Rp 49,6 triliun tersebut, yang masuk melalui SBN mencapai Rp 32,4 triliun, sedangkan ke pasar saham mencapai Rp 15,1 triliun serta ke SBI sebesar Rp 2 triliun.

Perry menambahkan, hasil positif tersebut munjukkan kepercayaan investor global terhadap ekonomi Indonesia masih cukup baik.Hal ini tidak terlepas dari berbagai kebijakan yang ditempuh Bank Sentral, Otoritas Jasa Keuangan maupun pemerintah.

Leave a comment