2019, Emiten Boleh Ganti Kode Perdagangan Saham

 

galeri-baru-idx2-1EmitenNews – Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengakomodir kebutuhan emiten terkait perubahan kode saham perdagangan atau ticker saham sesuai permintaan perusahaan tercatat yang ingin mengubah kode saham mereka. Aturan ini diharapkan dapat hadir pada tahun 2019. Nantinya kemungkinan akan ada biaya yang dibebankan kepada emiten terkait perubahan ticker ini.

Direktur BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan, sudah ada beberapa perusahaan yang menginginkan perubahan ticker. Menurutnya jumlahnya lebih dari lima perusahaan tercatat. namun saat ini BEI baru memiliki kewenangan untuk memberikan kode ticker pada perusahaan yang baru tercatat bukan mengubah.

Nyoman menjelaskan, BEI tengah melakukan proses pembuatan aturan terkait kewenangan mengubah kode perdagangan saham emiten tersebut di Otoritas Jasa Keuanan (OJK). Adapun memang syarat dari permohonan perubahan ticker ini adalah menimbang dari adanya perubahan bisnis, perubahan nama perusahaan ataupun alasan lain yang relevan selama masih sesuai.

“Mereka bisa mengajukan, kami akan periksa dahulu seperti dari ketersediaannya dan tidak menimbulkan konotasi negatif. Permintaan sudah banyak, kami mengakomodir,” ujar Nyoman.

Leave a comment